Formal Technical Review: Basis Data dan Aplikasi Universitas Halu Oleo Online Integrated Systems (UHO2IS)

Kegiatan iniĀ dilaksanakanĀ pada tanggal 17 -18 November 2018 yang bertempat di Plaza Inn Hotel, Kendari. Dalam kegiatan ini tim memaparkan perkembagangn aplikasi UHO2IS.

Universitas Halu Oleo (UHO) sebagai suatu universitas yang selalu berkembang membutuhkan sebuah sistem informasi terintegrasi untuk menangani munculnya kebutuhan akan pelaporan data yang tak jarang bersifat urgen dan sangat penting. Selain itu, kebutuhan akan suatu alat atau teknologi yang mampu menggabungkan dan mengintegrasikan berbagai informasi dalam lingkup internal dan eksternal universitas juga merupakan dasar pengembangan sistem informasi UHO ke arah sistem informasi yang terintegritas.

Dengan adanya sistem informasi yang terintegritasi, berbagai informasi dapat diakses oleh semua pihak untuk mempermudah kelancaran pelaporan data dan penyampaian informasi dalam lingkup universitas. Sehingga pengelolaan dan pelayanan dalam lingkup UHO dapat mencapai online sharing data in one file cabinet dan online one window service. Selain itu, sistem informasi terintegrasi juga dapat menjamin kecepatan dalam pengolahan dan pelaporan data, meminimalisir penggunaan kertas, dan menyederhanakan prosedur manual yang kompleks.

LPSI UHO sebagai Lembaga yang melaksanakan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan data dan sistem informasi dalam lingkup Universitas Halu Oleo akan mengembangkan sistem informasi terintegrasi yang disebut UHO2IS (Universitas Halu Oleo Online Integrated System). Prinsip kerja UHO2IS yang akan dibangun ini bersifat konsensus dengan mengadaptasi teknologi block chain. Sebagai contoh, dalam proses perkuliahan, kehadiran seorang dosen tidak hanya ditentukan oleh data kehadiran dosen dari mesin absensi. Tetapi kehadiran dosen tersebut juga harus dikonfirmasi dan disetujui oleh perwakilan mahasiswa yang hadir pada proses perkuliahan. Dengan prinsip kerja seperti ini maka keakuratan dan keamanan data akan lebih terjamin karena proses pengolahan datanya melibatkan seluruh pihak yang terkait dalam UHO2IS.

UHO2IS ini dimanfaatkan untuk mempermudah proses akses terhadap informasi, di antaranya adalah proses yang berkaitan dengan penerimaan mahasiwa baru, proses perkuliahan, proses pengajuan skripsi, proses pendaftaran/administrasi data wisuda, proses penyimpanan data pegawai, tata kelola naskah dinas, proses pengadaan sarana dan prasarana univeristas, dan lain sebagainya. Dengan demikian UHO2IS diharapkan dapat mempermudah proses akses terhadap informasi dalam lingkup internal maupun eksternal UHO

Report: LPSI UHO/17/11/2018

Formal Technical Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *