Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) UHO merupakan salah satu lembaga yang dibawahi Rektor yang melaksanakan sebagian tugas dan fungsi di bidang pengembangan sistem informasi dalam lingkup Universitas Halu Oleo. Pembentukan LPSI didasari oleh keinginan kuat dari UHO untuk mengembangkan sistem informasi yang handal, akurat, dan terintegrasi. Selain itu adanya tuntutan dari berbagai pihak dalam penggunaan perangkat lunak berlisensi, sehingga LPSI didorong untuk membuat perangkat lunak yang dapat diterima oleh pengguna (user).

LPSI mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan koordinasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan teknologi dan pengelolaan sistem informasi. Dalam melaksanakan tugas LPSI menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan rencana, program, dan anggaran lembaga.
  2. Pelaksanaan pengembangan, pengelolaan, peningkatan kapasitas teknologi dan sistem informasi.
  3. Koordinasi pelaksanaan kegiatan peningkatan teknologi dan sistem informasi dalam layanan akademik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keuangan dan penunjang akademik.
  4. Pemantauan dan evaluasi pengembangan, pengelolaan dan peningkatan kapasitas teknologi dan sistem informasi universitas.
  5. Pelaksanaan urusan administrasi lembaga.

Universitas Halu Oleo (UHO) sebagai suatu universitas yang selalu berkembang membutuhkan sebuah sistem informasi terintegrasi untuk menangani munculnya kebutuhan akan pelaporan data yang tak jarang bersifat sangat urgen. Selain itu, kebutuhan akan suatu alat atau teknologi yang mampu menggabungkan dan mengintegrasikan berbagai informasi dalam lingkup internal dan eksternal universitas juga merupakan dasar pengembangan sistem informasi UHO ke arah sistem informasi yang terintegritas.

Dengan adanya sistem informasi yang terintegritasi, berbagai informasi dapat diakses oleh semua pihak untuk mempermudah kelancaran pelaporan data dan penyampaian informasi dalam lingkup universitas. Sehingga pengelolaan dan pelayanan dalam lingkup UHO dapat mencapai online sharing data in one file cabinet dan online one window service. Selain itu, sistem informasi terintegrasi juga dapat menjamin kecepatan dalam pengolahan dan pelaporan data, meminimalisir penggunaan kertas, dan menyederhanakan prosedur manual yang kompleks.

LPSI UHO sebagai Lembaga yang melaksanakan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan data dan sistem informasi dalam lingkup Universitas Halu Oleo telah mengembangkan sistem informasi terintegrasi yang disebut UHO2IS (Universitas Halu Oleo Online Integrated System). Prinsip kerja UHO2IS yang akan dibangun ini bersifat konsensus dengan mengadaptasi teknologi block chain.  Dengan prinsip kerja seperti ini maka keakuratan dan keamanan data akan lebih terjamin karena proses pengolahan datanya melibatkan seluruh pihak yang terkait dalam UHO2IS.

UHO2IS ini dimanfaatkan untuk mempermudah proses akses terhadap informasi, di antaranya adalah proses yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, proses perkuliahan, proses pengajuan skripsi, proses pendaftaran/administrasi data wisuda, proses penyimpanan data pegawai, tata kelola naskah dinas, proses pengadaan sarana dan prasarana universitas, dan lain sebagainya. Dengan demikian UHO2IS diharapkan dapat mempermudah proses akses terhadap informasi dalam lingkup internal maupun eksternal UHO.

 

Struktur Organisasi:

Struktur organisasi LPSI UHO  terdiri dari : Ketua; Sekretaris; Bagian Tata Usaha; Kelompok Kerja (POKJA); dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Adapun susunan personalia LPSI UHO sekarang ini adalah :

Ketua : Prof. Dr. Edi Cahyono, M.Si.
Sekretaris : Dr. Ambo Wonua Nusantara, SE., M.Si.
Kabag Tata Usaha : Nur Safa’at, SE., M.Si.
Kasubag Umum : Wa Ode Nurani Dianta, S.Pd, M.Si.
Kasubag Program, Data dan Sistem Informasi : Syamsul Hamsidi, SE., M.Si.
Bendahara : Oktonius Adhe Tri Sally N, Amd.FT.
Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Perangkat Lunak (software) : Dr. Arman, S.Si., M.Si.
Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Sistem Informasi : Natalis Ransi, S.Si., M.Cs.
Staf Lembaga Pengembangan Sistem Informasi : Tasril, S.Si.

                                                                                                                                              *)   LPSI UHO – 2018